dc.description.abstract | ABSTRAK
Wiwik Dwi Kurniawati, 2024 “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual dan Auditori Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Anggana”. Skripsi Jurusan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Lely Salmitha, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengetahuan tentang gaya belajar penting bagi siswa, guru, dan orang tua untuk membantu memaksimalkan pembelajaran sehingga menghasilkan hasil belajar yang maksimal. Setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda untuk memproses dan memahami informasi yang diterima, maka salah satu gaya belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar ialah gaya belajar visual dan gaya belajar auditori. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil belajar matematika berdasarkan gaya belajar visual. 2) Hasil belajar matematika berdasarkan gaya belajar auditori. 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa gaya belajar visual dengan siswa gaya belajar auditori.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif yang bersifat ex post facto, dengan subjek penelitian ini siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Anggana yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Anggana. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar kognitif dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan uji Indelpelndelnt Samplels T-Telst.
Hasil penelitian diperoleh 1) Hasil belajar matematika berdasarkan siswa gaya belajar visual dominan berada pada kategori hasil belajar cukup, yaitu terdapat 12 siswa pada kategori cukup dengan diperoleh rata-rata sebesar 84,06. 2) Hasil belajar matematika berdasarkan siswa gaya belajar auditori dominan berada pada kategori hasil belajar cukup, yaitu terdapat 9 siswa pada kategori cukup dengan diperoleh rata-rata sebesar 77,75. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan terdahap hasil belajar matematika siswa gaya belajar visual dengan siswa gaya belajar auditori siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Anggana. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig (2-tailed) < 0,05 atau 0,010 < 0,05 maka Ha diterima. | en_US |