dc.description.abstract | ABSTRAK
Erfina Damayanti, 2011306036. “Penggunaan Media Flip Chart dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Wildan Saugi, M.Pd. selaku dosen pembimbing I dan Lely Salmitha, M.Pd. selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini yaitu melihat dari hasil belajar IPA yang masih sangat tergolong rendah, yang dibuktikan dengan hasil ulangan yang diperoleh oleh beberapa orang siswa pada mata pelajaran IPA masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 65, terdapat sebanyak 64,71% siswa yang belum memenuhi KKM. Peneliti juga melihat kurangnya ketersediaan media pembelajaran di kelas. Sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung hanya beberapa siswa saja yang aktif dan sebagian siswa lainya masih pasif. Melalui penggunaan media pembelajaran flip chart diharapkan murid dapat memahami materi Pelajaran dengan baik agar tercapainya hasil belajar yang maksimal.
Jenis rancangan penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action research). penelitian dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flip chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, terdapat beberapa kendala dalam aktivitas guru dan siswa, seperti kurangnya keterampilan dalam apersepsi menarik, rendahnya perhatian siswa, serta kejelasan penjelasan materi. Namun, perbaikan yang dilakukan pada siklus kedua menunjukkan peningkatan yang baik dalam pengelolaan pembelajaran oleh guru maupun partisipasi aktif siswa. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari 60,71% pada siklus pertama menjadi 85,71% pada siklus kedua, melampaui ketuntasan klasikal yang ditetapkan sebesar 80%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media flip chart dapat dikatakan mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar di kelas V MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda. | en_US |