View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Pembentukan Karakter Kreatif Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sempaja Samarinda

Thumbnail
View/Open
Siti Nurhayati, pgmi2011306065.docx (16.39Kb)
Date
2024-06-06
Author
Nurhayati, Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Siti Nurhayati, 2024. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Pembentukan Karakter Kreatif Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sempaja Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Bapak Husni Idris, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Sunanik, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembentukan karakter kreatif peserta didik dalam projek penguatan profil pelajar pancasila melalui beberapa kegiatan membuat karya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam pembentukan karakter kreatif peserta didik kelas IV dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Penelitian ini di laksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sempaja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, wali kelas IV, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan keabsahan data menggunakan uji triangulasi. Teknik analisis data : kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu : 1.) Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam pembentukan karakter kreatif peserta didik kelas IV, guru membentuk karakter peserta didik melalui beberapa kegiatan diantaranya membuat batik ecoprint dan membuat aksesoris adat dayak. Adapun tahapan dalam kegiatan yaitu : guru terlebih dahulu memilih tema kegiatan, guru melakukan pengenalan karya, dan pembuatan karya. Terdapat faktor pendukung, diantaranya : dukungan dari pihak sekolah, dukungan dan kerjasama dari para guru, antusias peserta didik, dan manfaat yang dihasilkan dari kegiatan. Sedangkan faktor penghambat, diantaranya : kurangnya anggaran, kurangnya dukungan orang tua, kurangnya pemahaman guru tentang P5 maupun kurikulum merdeka, kurangnya sarana dan prasarana. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pembentukan karakter kreatif pada projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV melalui kegiatan praktik membuat karya.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4544
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [234]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV