Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Pembentukan Karakter Kreatif Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sempaja Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Nurhayati, 2024. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Pembentukan Karakter Kreatif Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sempaja Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Bapak Husni Idris, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Sunanik, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembentukan karakter kreatif peserta didik dalam projek penguatan profil pelajar pancasila melalui beberapa kegiatan membuat karya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam pembentukan karakter kreatif peserta didik kelas IV dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Penelitian ini di laksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sempaja.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, wali kelas IV, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan keabsahan data menggunakan uji triangulasi. Teknik analisis data : kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini, yaitu : 1.) Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam pembentukan karakter kreatif peserta didik kelas IV, guru membentuk karakter peserta didik melalui beberapa kegiatan diantaranya membuat batik ecoprint dan membuat aksesoris adat dayak. Adapun tahapan dalam kegiatan yaitu : guru terlebih dahulu memilih tema kegiatan, guru melakukan pengenalan karya, dan pembuatan karya. Terdapat faktor pendukung, diantaranya : dukungan dari pihak sekolah, dukungan dan kerjasama dari para guru, antusias peserta didik, dan manfaat yang dihasilkan dari kegiatan. Sedangkan faktor penghambat, diantaranya : kurangnya anggaran, kurangnya dukungan orang tua, kurangnya pemahaman guru tentang P5 maupun kurikulum merdeka, kurangnya sarana dan prasarana. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pembentukan karakter kreatif pada projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV melalui kegiatan praktik membuat karya.