View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 9 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Nurhidayah Larasati.docx (15.70Kb)
Date
2024-06-05
Author
Larasati, Nurhidayah
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nurhidayah Larasati, 2024. “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 9 Samarinda”. Skripsi, Program studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Kautsar Eka Wardhana, M.Pd sebagai pembimbing II. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran adalah dengan memperbaharui kurikulum. Saat ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menetapkan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai kebijakan baru. Kurikulum ini juga sudah diterapkan di SMP Negeri 9 Samarinda, karena sekolah tersebut telah memenuhi syarat untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengimplementasian kurikulum merdeka dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan manajemen kurikulum merdeka. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan secara langsung dengan objek penelitian untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Penelitian kualitatif dilakukan berdasarkan interpretasi, strategi, dan penerapan model kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yang lebih memusatkan pada penggunaan bahan-bahan sebagai informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini menggunakan empat tahap dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan atau evaluasi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa implementasi manajemen Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 9 Samarinda sangat dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Oleh karena itu, pihak sekolah terus berupaya meningkatkan dan menyesuaikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar secara berkelanjutan
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4575
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [333]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV