Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 9 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nurhidayah Larasati, 2024. “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 9 Samarinda”. Skripsi, Program studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Kautsar Eka Wardhana, M.Pd sebagai pembimbing II.
Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran adalah dengan memperbaharui kurikulum. Saat ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menetapkan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai kebijakan baru. Kurikulum ini juga sudah diterapkan di SMP Negeri 9 Samarinda, karena sekolah tersebut telah memenuhi syarat untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengimplementasian kurikulum merdeka dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan manajemen kurikulum merdeka.
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan secara langsung dengan objek penelitian untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Penelitian kualitatif dilakukan berdasarkan interpretasi, strategi, dan penerapan model kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yang lebih memusatkan pada penggunaan bahan-bahan sebagai informasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini menggunakan empat tahap dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan atau evaluasi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa implementasi manajemen Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 9 Samarinda sangat dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Oleh karena itu, pihak sekolah terus berupaya meningkatkan dan menyesuaikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar secara berkelanjutan