Problematika Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri 019 Palaran
Abstract
ABSTRAK
Putri Dwi Kustianingrum, 2024, Problematika Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negeri 019 Palaran, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, M. Pd. I selaku pembimbing I dan Ibu Nurwati, M. Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai problematika pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Banyaknya permasalahan yang ada didalam kelas dipicu oleh kurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas. Atas permasalahn tersebut, maka memperbanyak pelatihan dan workshop tentang peningkatan kompetensi guru didalam mengelola kelas. Maka kajian ini juga bermaksud menjawab permasalahan tersebut dengan tujuan untuk mengetahui problematika ketarampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan Sekolah Dasar Negeri 019 palaran dan untuk mengetahui cara mengatasi problematika ketarampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sekolah dasar negeri 019 palaran”, dengan mengfokuskan kepada beberapa kegiatan-kegiatan yang dilakukan saat mengelola kelas yaitu, mengatur ruang belajar yang tepat, menciptakan suasana belajar yang tepat, mengelola interaksi di dalam kelas, pencahayaan dan suhu, ice breaking.
Metode penelitan ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Yang dimana pengumpulan data-data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai Problematika Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah ini. Selanjutnya data yang diperoleh kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan argumentasi yang mengarah kepada pokok peneltian sehingga menemukan hasilnya. Kemudian dianalisis kembali dengan menggunakan teknik analisis data (Data analysis) sehingga mengetahui manfaat serta hasil pembelajaran tersebut. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian dalam pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pengoptimalan sangat diperlukan, karena agar proses pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal dan dapat mencapai tujuan yang di inginkan. Sebagai upaya untuk memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan harus melakukan berbagai upaya dalam mengoptimalkannnya yaitu: 1) mengatur ruang belajar yang tepat, suasana belajar yang nyaman, interaksi di dalam kelas, pencahayaan dan suhu yang baik dan pemanasan yang tepat sebelum melakukan pembelajaran (ice breaking).