Manajemen Kesiswaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Dea Putri Wahdatul Adla, 2024, “Manajemen Kesiswaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda” Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, S.Pd., M.Pd, selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Siti Maulidah, M.Pd, selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan manajemen kesiswaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda, mencakup perencanaan penerimaan siswa baru, pendaftaran dan penerimaan siswa baru, kegiatan seleksi siswa, kegiatan masa orientasi siswa, kegiatan pembinaan dan pengembangan siswa disekolah, kegiatan pencatatan dan pelaporan hasil belajar siswa, hingga kelulusan dan alumni. siswa adalah individu yang sedang mengalami masa perkembangan fisik dan psikis siswa merupakan aset penting bagi negara untuk mencapai masa depan pendidikan yang berkualitas, manajemen kesiswaan di sekolah dilakukan untuk mewujudkan tujuan sekolah dan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini membahas tentang Manajemen Kesiswaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen kesiswaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah dan wakil kepala bidang kesiswaan Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan simpulan dan keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda telah melakukan; 1. Perencanaan kesiswaan yang meliputi perencanaan penerimaan siswa baru dengan mengadakan pendaftaran (PPDB) dan membuat program kegiatan kesiswaan, 2. Pelaksanaan kesiswaan yang meliputi seleksisiswa dengan melakukan seleksi berkas dan mengadakan tes psikologi, masa orientasi siswa dengan melakukan pengenalan lingkungan, visi, misi dan tujuan sekolah, pengenalan tata tertib dan aturan sekolah, pengenalan layanan dan fasilitas sekolah sampai pengenalan program ekstrakulikuler sekolah, dan pembinaan dan pengembangan siswa, 3. Evaluasi pencatatan dan pelaporan, pencatatan dilakukan sejak siswa tersebut mendaftarkan ulang dirinya sebagai siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda dan kegiatan ini akan berlanjut sampai siswa tersebut menamatkan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Samarinda, kegiatan pelaporan telah dilakukan sekolah secara rutin per semester kelulusan dan alumni.