Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Prestasi Non Akademik Siswa SMPN 34 Samarinda
Abstract
Abstrak
Achmad Putra Bagus Baladewa, 2024. “Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Prestasi Non Akademik Siswa SMPN 34 Samarinda”. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, S.Ag., M.Pd, selaku pembimbing I dan Bapak Saipul Hadi, M.Pd,I selaku pembimbing II.
Pendidikan ialah aspek penting yang mendukung dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Peningkatan prestasi peserta didik memerlukan manajemen kesiswaan yang baik guna terciptanya output yang sesuai dengan keinginan Masyarakat yang berpendidikan. Kelebihan setiap peserta didik berbeda-beda, mengetahui minat dan bakat peserta didik sangatlah penting. Dalam hal ini pihak sekolah harus memiliki pandangan terbuka bahwa tidak semua peserta didik memiliki kemampuan yang sama, ada yang memiliki kemampuan secara akademik dana ada juga yang memiliki kemampuan non akademik, dua bidang tersebut harus bisa dan dijalankan dan didukung secara seimbang. Fokus penelitian Bagaimana proses manajemen kesiswaan dalam peningkatan Prestasi Non Akademik Siswa SMPN 34 Samarinda? Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui proses manajemen kesiswaan dalam peningkatan prestasi Non akademik siswa di SMPN 34 Samarinda.
Metode yang peneliti gunakan yaitu metode Deskriptif Kualitatif dan jenis penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research). Penentuan informan ini peneliti menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan non akademik yaitu menggunakan empat acuan, yaitu: visi misi madrasah, rencana strategi, pedoman manajemen dan rencana kerja anggaran sekolah dalam rapat kerja tahunan, dengan perencanaan yang baik dapat menciptakan kegiatan-kegiatan yang lebih terarah kedepannya dan terrencana dengan menggunakan acuan manajemen yang baik. Melalui kegiatan rapat kerja juga membahas tentang hal yang perlu dipersiapkan untuk mensukseskan kegiatan program non akademik (futsal dan pencak silat. Program waka kesiswaan adalah ekstrakurikuler, OSIS, pengembangan bakat, dan menyusun program kerja. 2) Tahapan pelaksanaan yaitu: seleksi penerimaan peserta didik baru, pengumuman hasil seleksi berkas administrasi, 3) Kegiatan evaluasi peningkatan prestasi non akademik (futsal dan pencak silat) siswa di SMPN 34 Samarinda dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang diperoleh oleh peserta didik baik antar sekolah maupun antar kota. Dengan hasil penelitian ini menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman dalam tatanan pendidikan lebih berprestasi dan siap bersaing dalam kualitas pendidikan.