dc.description.abstract | ABSTRAK
Eka Ayu Komalasari “Peran Tata Usaha (TU) Dalam Meningkatkan Layanan Administrasi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Samarinda (Studi Kasus Di SMP Negeri 15 Samarinda). Skripsi, Jurusan Manajeman Pendidikan Islam Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Lina Revilla Malik,M.Si Selaku pembimbing I dan Dr. Kautsar Eka Wardhana,M,Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang masalah penelitain ini membahas tentang peran tata usaha (TU) dalam meningkatkan layanan adminitrasi dilembaga pendidikan, peran tata usaha (TU) dalam meningkatkan layanan adminitrasi yang baik akan berpengaruh besar pada sektor pendidikan, dimana peran tata usaha (TU) dalam meningkatkan layanan adminitrasi yang membuat program kerja, layanan serta administrasi. Maka, diperluakan peran yang sangat penting agar lebiah bisa mengatur layana- layana administrasi sesuai dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang ada di SMP Negeri 15 Samarinda untuk menjadi yang lebiah baik dalam melakukan layanan administrasi. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peran tata usaha dalam meningkatkan layanan administrasi di SMP Negeri 15 Samarinda.
Penelitaian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data adalah Kepala Sekolah, Koordinator Tata Usaha, Guru, dan siswa dengan mengumpulkan informasi melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pengumpulan data, teknik analisia data yang digunakan adalah pengumbulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah layanan- layanan adminisistrasi sesuai dengan POAC (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan), dalam hal ini layanan administrasi kesiswaan, layanan adminisrasi kepegawaian, layanan administrasi penyurtan dan kearsipa, dan layanan administasi sarana dan prasaran di SMP Negeri 15 samarinda. Dalam hal ini perancanaan dan pengorganisasian dalam menjalakan progaram sekolah staf tata usaha saling berkontribusi antar satu dengan yang lainnya, kepala sekolah juga ikut handil dalam menjalankan tugas sekolah. Adapun pengawasan dalam melakukan kinerja pertama melakukan standar kinerja sehingga ketika melakukan pengawasan dapat mengakur kinerja sehingga ketika melakukan pengawasan dapat mengukur seberapa bagus staf tata usaha dalam bekerja dan melihat dari kedisiplinan dari hasil kerja yang diperoleh. | en_US |