Show simple item record

dc.contributor.authorKiftiyah, Kiftiyah
dc.date.accessioned2024-08-23T02:56:09Z
dc.date.available2024-08-23T02:56:09Z
dc.date.issued2024-06-13
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4624
dc.description.abstractABSTRAK Kiftiyah, 2024 “Penggunaan Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 8 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. Imam Mohtar, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengejar ketertinggalan dalam menghadapi tantangan zaman di era Revolusi Industri 4.0, sehingga Kemendikbudristek meluncurkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Merdeka Belajar Episode 15 sebagai teman penggerak bagi kepala sekolah dan guru melalui belajar, mengajar, dan berkarya dalam melakukan Implementasi Kurikulum Merdeka. Platform Merdeka Mengajar sudah tersebar secara meluas di Indonesia, terutama kota Samarinda. Berdasarkan data Kemendikbudristek per 12 November 2022, SMP Negeri 8 Samarinda merupakan satuan pendidikan yang memiliki “Jumlah Guru yang Telah Login ke PMM” terbanyak di antara satuan pendidikan bentuk PAUD, SD, SMP, SKB, SLB, SMA, dan SMK se-Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 8 Samarinda serta faktor pendukung dan penghambatnya. Dalam penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, waka bagian kurikulum, guru penggerak, beberapa guru, dan peserta didik yang ada di SMP Negeri 8 Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknikkeabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan 4 tahapan, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penggunaan Platform Merdeka Mengajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 8 Samarinda telah dilakukan seoptimal mungkin, sehingga kepala sekolah dan guru SMP Negeri 8 Samarinda dapat belajar, mengajar, dan berkarya. Penggunaan Platform Merdeka Mengajar pun dapat membantu kepala sekolah dan guru SMP Negeri 8 Samarinda agar mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam melakukan implementasi Kurikulum Merdeka. 2) Faktor pendukung dari penggunaan Platform Merdeka Mengajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka adalah Platform Merdeka Mengajar berbentuk aplikasi yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja, terdapat seri webinar dan workshop dari Dinas Pendidikan dan Kelompok Kerja Guru (KKG), terdapat narasumber berbagi praktik baik yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, terdapat mitra pembangunan yang mendukung, dan terdapat akses pusat layanan bantuan (helpdesk) Kemendikbudristek. Sedangkan faktor penghambatnya adalah akses penggunaan akun Belajar.id yang kurang optimal, manajemen waktu yang kurang dapat diatur, dan kompetensi beberapa guru yang kurang memadai.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPlatform Merdeka Mengajar, Implementasi, Kurikulum Merdekaen_US
dc.titlePenggunaan Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 8 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record