dc.description.abstract | ABSTRAK
Bela Savira 2023. “Perilaku Disiplin Siswa Kelas V SD Islamic Center Samarinda”. Skripsi, Program Studi pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, di bawah bimbingan ibu Mujahidah, S. Ag, S. Psi, M. Si selaku pembimbing I dan ibu Nurwati, M. Pd selaku pembimbing II.
Disiplin sangat penting diterapkan dimanapun seseorang berada dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan penerapan disiplin maka manusia dapat menjalankan aktivitasnya tanpa hambatan. Di sekolah yang tertib akan selalu menciptakan proses pembelajaran yang baik, sebaliknya pada sekolah yang tidak tertib kondisinya akan jauh berbeda. Dengan pemberlakuan disiplin, siswa belajar beradaptasi dengan lingkungan yang baik itu sehingga muncul keseimbangan diri dalam hubungan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perilaku disiplin siswa kelas V SD Islamic Center Samarinda.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, uji keabsahan data peneliti hanya menggunakan uji perpanjangan pengamatan, uji peningkatan ketekunan, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data ada tiga yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dapat disimpulkan bahwa siswa SD Islamic Center Samarinda kelas V sudah memiliki kedisiplinan yang baik dilihat dari aspek disiplin waktu serta aspek disiplin diri. Siswa mempunyai pengetahuan atau pemahaman perilaku kedisiplinan dengan masuk kelas tepat waktu dan mengumpulkan tugas dan disiplin pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Maka dapat diambil benang merahnya bahwasanya perilaku kedisiplinan siswa SD Islamic Center Samarinda bisa dibilang baik. Karena lebih banyak siswa yang melakukan kedisiplinan daripada sebaliknya. | en_US |