Pengaruh Pengetahuan Produk, Word OF Mouth Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah BMT UGT Nusantara KCP Pasar Baru Balikpapan
Abstract
ABSTRAK
Nurul Chikmah, 2024. “Pengaruh Pengetahuan Produk, Word OF Mouth Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah BMT UGT Nusantara KCP Pasar Baru Balikpapan ”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dedy Mainata S.E.,M.Ag dan Bu Tika Parlina, M.M
Latar belakang penelitian ini berasal dari Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), sebagai entitas keuangan dalam konteks ekonomi, memberikan optimisme baru bagi masyarakat yang prihatin dengan meningkatnya praktik riba di sector perbankan konvensional, terutama di kalangan ekonomi mikro. Lembaga keuangan yang berdasarkan prinsip syariah ini menjadi alternatif bagi individu yang ingin menjauhi sistem ekonomi berbasis riba yang umumnya ditemukan dalam lembaga keuangan konvensional. Keputusan menjadi nasabah merupakan suatu tindakan diantara dua alternatif atau lebih. Substitusi ini muncul ketika pelanggan sadar akan kebutuhan yang dihadapinya dan membutuhkan solusi untuk mengatasinya. Berdasarkan keputusan nasabah maka pada penelitian ini muncul beberapa faktor yang menjadikan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengetahuan produk, word of mouth dan kepercayaan terhadap keputusan menjadi nasabah BMT Nusantara KCP Pasar Baru Balikpapan. Adapun tujuan penelitian ini guna untuk mengetahui diantara faktor pengetahuan produk, word of mouth dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif. Penentuan pengambilan sampel menggunkan teknik Sampling incidental. sampel pada penelitian ini menggunakan rumus perhitungan Slovin sehingga didapatkan 63 sampel dari nasabah BMT UGT Nusantara KCP Pasar Baru. Instrumen penyebaran penelitian ini yaitu angket. Penelitian ini menggunakan beberapa uji analisis data. Pertama, uji instrumen penelitian, yaitu uji validitas dan reliabilitas. Kedua uji asumsi klasik dengan 4 uji yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas. Ketiga, uji hipotesis dan keempat uji regresi linier berganda.
Berdasarakan hasil uji hipotesis bahwa pengetahuan produk berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan menjadi nasabah. Selanjutnya word of mouth tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah. Selanjutnya variabel kepercayaan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Adapun secara simultan variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat dengan uji f ialah dan nilai f hitung Adapun berdasarkan uji koefisien determinasi besaran pengaruh variabel pengetahuan produk, word of mouth dan kepercayaan terhadap keputusan menjadi nasabah yaitu sebesar 67,4%
Kata Kunci : Pengetahuan Produk, Word Of Mouth, Kepercayaan, Keputusan Nasabah