Show simple item record

dc.contributor.authorJannah, Rhaodatul
dc.date.accessioned2024-09-20T03:22:09Z
dc.date.available2024-09-20T03:22:09Z
dc.date.issued2023-06-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4654
dc.description.abstractABSTRAK Rhaodatul Jannah, 2023, “Dampak Bermain Game Online Terhadap Perilaku Komunikasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Podi KPI UINSI Samarinda)”.Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jurusan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Sy. Nurul Syobah sebagai pembimbing I dan Andi Muhammad abdi, M. I. Kom sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah game online merupakan permainan yang terhubung dengan jaringan internet dan dapat dimainkan pada komputer, laptop, dan smartphone. Game online juga membawa dampak positif dan dampak negatif, karena pengguna game online mempunyai kecenderungan bermain game online dilihat dari durasi bermainnya yang tidak sebentar ini akan berpengaruh terhadap pola komunikasi atau interaksi mahasiswa dengan lingkungan sekitarnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak bermain game online terhadap perilaku komunikasi (studi kasus pada mahasiswa prodi KPI UINSI Samarinda). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak bermain game online terhadap perilaku komunikasi pada mahasiswa prodi KPI UINSI Samarinda yakni terlihat dari perilaku kognitif membantu membangun chemistry karena kebiasaan kerjasama yang dibangun. Dari perilaku afektif berdampak pada berkata tidak terpuji atau kotor, tidak mampu mengontrol amarah dan terbawa pada aktivitas sehari-hari. Dari perilaku psikomotorik seseorang tidak komunikatif karena mudah mengalami perasaan yang lelah akibat kurangnya waktu tidur.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectDampak Bermain, Game Online, Perilaku Komunikasien_US
dc.titleDampak Bermain Game Online Terhadap Perilaku Komunikasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Podi KPI UINSI Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record