Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Iklan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nilam Cahya Ramadhani, 2024 “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Iklan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda”,Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Ibu Juhairiah, M.Pd dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi karena sebuah kondisi yang tidak stabil dalam sebuah proses pembelajaran apalagi terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Iklan, yang mana siswa cendrung merasa bosan yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak memperoleh nilai KKM. Oleh karena itu perubahan pada sistem pendidikan dan pengajaran diperlukan. Untuk dapat memperoleh peningkatkan hasil belajar maka pendidik harus berupaya mencoba penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Project Based Learning yang memiliki keunggulan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, kolaborasi dan pengalaman belajar yang menyenangkan. Tujuan idari ipenelitian iini iadalah iuntuk imengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Iklan pada Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda.
Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu quasi eksperiment design. Desain penelitiannya yaitu bentuk Pre-Test and Post-Test Control Group Design. Desain ini merupakan eksperimen yang dilakukan pada dua kelas, yaitu satu kelas VA sebagai eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu melalui uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) serta uji hipotesis dan uji n-gain score.
Pada penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai siswa pretest antara kelas VA dan kelas VB yang di uji dengan soal yang mempunyai indikator hasil belajar materi iklan, masing-masing mempunyai rata-rata 63,59 dan 60,20. Sedangkan hasil belajar setelah di laksanakan penelitian menyatakan bahwa siswa Kelas Eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning, mendapat nilai dengan rata-rata 86,11 dan Kelas kontrol mendapat nilai dengan rata-rata 63,80. Artinya ada perbedaan secara signifikan antara kelas yang di beri treatment dengan kelas biasa terhadap hasil belajar siswa pada materi iklan di mata pelajran Bahasa Indonesia. Hal ini juga diperkuat dengan analisis data menggunakan uji N-gain score menunjukkan nilai kelas eksperimen adalah 67% masuk kategori cukup efektif, sedangkan kelas kontrol 20%, jadi bisa di simpulkan bahwa bahwasanya model pembelajaran Project Based Learning cukup efektifdigunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi iklan kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda.