PENGARUH LABEL HALAL, KEMASAN DAN KUALITAS PRODUKTERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MUSLIM DALAM PEMBELIAN PRODUK MAMBO ABON DI BALIKPAPAN TIMUR
Abstract
Lutfia Hidayah Marsya, 2024. “Pengaruh Label Halal, Kemasan Dan Kualitas ProdukTerhadap Keputusan Konsumen Muslim Dalam Pembelian Produk Mambo Abon Di Balikpapan Timur”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dr.Sugiyono, M.Kom dan Dharma Yanti, SE.,M.Si.
Abon merupakan makanan olahan daging hewani. Abon memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena kandungan zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Persaingan pasar semakin meningkat maka konsumen juga lebih pintar dalam memilih produk yang di inginkan, selain itu konsumen mayoritas muslim tentu harus memperhatikan kehalalan produk, setelah mempertimbangkan kehalalannya pentingnya memperhatikan kemasannya, dan kualitas produk yang menjadi keputusan konsumen muslim pada produk Mambo Abon di Balikpapan Timur.Mambo Abon merupakan salah satu produk lokal makanan olahan abon di Balikpapan Timur. Pertama kali bisnis rumahan ini dibangun, pembuatannya hanya untuk keluarga saja tidak diperjual belikan, seiring berjalannya waktu pesanan mambo abon ini sedikit demi sedikit mulai bertambah, awalnya hanya untuk keluarga hingga pada tahun 2023 mambo abon ini mulai membuat produk yang dikemas dan diperjual belikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel label halal, kemasan dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen muslim dalam pembelian produk Mambo Abon di Balikpapan Timur.
Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen muslim yang melakukan pembelian di Mambo Abon di Balikpapan Timur. Data yang digunakan pada penelitian ini dari kuisioner yang disebar dan diisi oleh konsumen Mambo Abon. Penelitian ini memiliki 96 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis dengan model regresi linier , uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis yaitu uji-T dan uji-F, koefisien determinasi (R2), dengan menggunakan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa label halal secara parsial mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai thitung 4,251 > 1,66159, kemasan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 5,405 > 1,66159, dan kualitas produk secara parsial juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 4,001 > 1,66159. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa label halal, kemasan dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung 69,693 > 2,47.
Kata Kunci: Kemasan, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, dan Label Halal