PENGARUH PREFERENSI, DIGITAL MARKETING DAN SYARIAH BRANDING TERHADAP MINAT PEMBELIAN RUMAH BERBASIS SYARIAH (Studi Kasus Perumahan Elfida Mulia di Kota Samarinda)
Abstract
Adinda Noviyanti, 2024. “Pengaruh Preferensi, Digital Marketing dan Syariah Branding Terhadap Minat Pembelian Rumah Berbasis Syariah (Studi Kasus Perumahan Elfida Mulia di Kota Samarinda)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Fitria Rahmah, S.E.I., M.A. sebagai pembimbing 1 dan Hj. Kokom Komariah, S.P., M.Si. sebagai pembimbing 2.
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah berkembang pesatnya ekonomi syariah di Indonesia membuat masyarakat lebih memilih transaksi bebas riba seperti pembiayaan berbasis akad sesuai dengan prinsip Islam. Perumahan Elfida Mulia salah satu perumahan syariah yang berada di Samarinda. Salah satu perumahan syariah yang perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian konsumen. Preferensi konsumen memainkan peran penting dalam membandingkan produk yang ditawarkan. Selain itu, pentingnya digital marketing dalam konteks pemasaran properti modern. Syariah branding menjadi faktor penting dalam membedakan Perumahan Elfida Mulia dari kompetitornya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh preferensi konsumen, digital marketing dan syariah branding terhadap minat pembelian rumah berbasis syariah secara parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi masyarakat Samarinda yang beragama Islam dan mengetahui Perumahan Elfida Mulia.
Adapun sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Slovin, sehingga didapatkan 100 responden. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, studi kepustakaan dan menyebar angket (kuisioner). Untuk melihat pengaruh antar variabel dalam penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Teknik analisis data meliputi evaluasi outer model, evaluasi inner model dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen dan syariah branding secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian rumah berbasis syariah di Perumahan Elfida Mulia Kota Samarinda. Digital marketing secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian rumah berbasis syariah di Perumahan Elfida Mulia Kota Samarinda.