Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif NU 003 Samarinda Seberang
Abstract
ABSTRAK
Bani Lestari, 2017. “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif NU 003 Samarinda Seberang”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Yahya, M. Pd selaku pembimbing I dan Bapak Drs. Ahmad Riyadi, S. Ag, M. Hum selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah kepala madrasah merupakan pihak yang paling berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran, sehingga layak diketahui bagaimana peranannya dalam memperhatikan, memfasilitasi dan mendorong tingkat kinerja yang dimiliki gurunya. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif NU 003 Samarinda Seberang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dan kuantitatif (Mixed Methods) dengan menggunakan model penelitian Sequential Exploratory, yaitu mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif kemudian mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah kepala madrasah dan seluruh guru Madrasah Ibtidaiyah Ma’Arif NU 003 Samarinda Seberang sebanyak 25 guru. Tehnik analisis data menggunakan rumus persentase dan mean.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif NU 003 sudah menjalankan perannya dengan baik yaitu dengan berlandaskan tanggung jawab kepala sekolah sebagai berikut: kepala madrasah sebagai pendidik, manager, administrator, supervisor, leader, innovator dan peran kepala sekolah sebagai motivator. Adapun hasil yang didapatkan dari penyebaran angket tentang Tingkat kinerja guru di Madrasah menunjukkan bahwa kinerja guru di Madrasah sudah amat baik, hal ini dilihat dari hasil nilai rata-rata dari seluruh jawaban responden yang berjumlah 25 orang adalah 95,28 yang terletak antara rentang (91 - 100). tingkat kinerja guru dimadrasah itupun ditunjang dengan adanya sepuluh peran guru. Yaitu peran guru sebagai penasehat, demonstrator, model dan teladan, pengelola kelas, mediator dan fasilitator, evaluator, pendorong kreativitas, pengadministrasian, peran guru secara pribadi dan psikologis.