View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DAN BEREGU PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA 003 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_RAHMAH LIDAYANI_FTIK.pdf (6.991Mb)
Date
2024-06
Author
LIDAYANI, RAHMAH
Metadata
Show full item record
Abstract
Rahmah Lidayani, 2024. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Beregu Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Abdul Razak, M.Pd selaku Pembimbing I dan Nurhikmah, M.Si selaku Pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran matematika bagi peserta didik dan kurangnya keinginan peserta didik dalam belajar matematika. Dalam penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu metode pembelajaran tutor sebaya dan beregu, serta variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Dalam pelaksanaannya, metode pembelajaran tutor sebaya mendapatkan hasil belajar matematika sebanyak 72% atau sebanyak 28% peserta didik yang nilainya di bawah nilai KKM (70). Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar matematika antara metode pembelajaran tutor sebaya dan beregu peserta didik kelas V MI Ma’arif NU 003 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-test - Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 123 dari 4 kelas. Sampel pada penelitian ini diambil dari dua kelas yang berjumlah 59 peserta didik pada kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji T. Hasil belajar matematika kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran beregu memiliki nilai rata-rata yang lebih baik yaitu 82,67, sedangkan kelas kontrol yang diajarkan menggunakan metode tutor sebaya memiliki rata-rata 77,09. Hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar matematika peserta didik yang ditunjukkan pada hasil post-test uji hipotesis kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,038 > 0,025. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara metode pembelajaran tutor sebaya dan beregu pada peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah NU 003 Samarinda.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4762
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [245]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV