EVALUASI PROGRAM MADRASAH RISET DI MAN 1 SAMARINDA
Abstract
Andrian Khoriul Ummah, 2024. Evaluasi Program Madrasah Riset di MAN 1 Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Dr. Kautsar Eka Wardhana, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Program Madrasah Riset yang telah berjalan 4 tahun di MAN 1 Samarinda merupakan program dari Kementerian Agama yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan daya saing madrasah melalui pengembangan budaya riset di kalangan siswa. Namun, hasil observasi melaporkan adanya kendala dalam implementasi Program Madrasah Riset, seperti keterbatasan sumber daya finansial dalam pembiayaan penelitian, beban kerja guru riset yang berlebih, serta menurunnya prestasi dalam bidang kompetisi karya ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi terkait implementasi Program Madrasah Riset di MAN 1 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi program dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang pelaksanaan Program Madrasah Riset di MAN 1 Samarinda. Model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) digunakan sebagai kerangka kerja utama dalam mengorganisir dan menganalisis data. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan berbagai sumber seperti kepala madrasah, guru, pembina, dan siswa. Analisis data difokuskan pada pemahaman konteks, evaluasi input, pemeriksaan proses pelaksanaan, dan penilaian hasil serta dampak program.
Hasil penelitian menunjukkan, pada evaluasi konteks ditemukan lingkungan sekolah mendukung program riset, kebutuhan pengembangan keterampilan ilmiah siswa jelas, serta tujuan dan manfaat program signifikan. Evaluasi masukan menunjukkan terdapat perencanaan program mencakup berbagai aspek, tersedia sumber daya manusia dan pendanaan yang memadai, fasilitas pendukung lengkap. Evaluasi proses menunjukkan adanya komitmen guru kuat untuk mengimplementasikan program. Proses pembelajaran mencakup semua tahapan riset, terdapat juga beban kerja guru tinggi dan alokasi waktu terbatas, dan suasana pembelajaran mendukung serta antusiasme siswa tinggi. Evaluasi produk melihat program ini menciptakan budaya akademik yang kuat, berhasil meningkatkan prestasi siswa melalui kompetisi karya ilmiah, adanya keterkaitan jelas antara tujuan dan hasil program, juga terdapat perbedaan motivasi antara kelas riset dan ekstrakurikuler riset.