PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDI AL-AZHAR 47 SAMARINDA
Abstract
Samsiah. S, 2024. “Pengaruh Penggunaan Media PowerPoint Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDI Al-Azhar 47 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris UINSI Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran di SDI Al-Azhar 47 Samarinda yang masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional dan jarang menggunakan media saat pembelajaran, sehingga membuat rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Maka salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan merancang dan memilih model atau media yang tepat, yaitu media PowerPoint dengan berbantuan peta konsep yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat membuat siswa lebih aktif dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tidak jenuh dan terkesan membosankan. Pendidik dituntut mampu memanfaatkan metode atau media pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PowerPoint berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDI Al-Azhar 47 Samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis metode eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VA dan VB yang berjumlah siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan membuat soal tes, observasi, dokumentasi. Hasil dari pengumpulan data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sampel t-test.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran PowerPoint berbantuan peta konsep sangat berpengaruh dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran PowerPoint berbantuan peta konsep. Hal ini dibuktikan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji two independent sample t-test yaitu sig. (2-tailed) bernilai 0,00. Karena nilai 0,00 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan Hₐ diterima, artinya sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint berbantuan peta konsep sangat berpengaruh dibandingkan tidak menggunakan media pembelajaran PowerPoint berbantuan peta konsep dan hanya menggunakan pembelajaran metode ceramah.