View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PELAKSANAAN PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA DI SD ISLAM AL-JAWAHIR SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
Skripsi _Muhammad Yunus_FTIK.pdf (27.78Kb)
Date
2024-06
Author
YUNUS, MUHAMMAD
Metadata
Show full item record
Abstract
Muhammad Yunus, 2024. Pelaksanaan Pembinaan Ekstrakurikuler Dalam Peningkatan Prestasi Siswa di SD Islam Al-Jawahir Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd dan Wildan Saugi, M.Pd. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pelaksanaan pembinaan ekstrakurikuler di SD Islam Al-Jawahir Samarinda. SD Islam Al-Jawahir Samarinda berupaya meningkatkan prestasi siswa sehingga melahirkan peserta didik yang berprestasi baik dari sisi akademik maupun non-akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, strategi, dan evaluasi pembinaan ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi siswa di SD Islam Al-Jawahir Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman, dan Saldana berupa data condensation, data display, dan drawing and verifying conclusions, dan peneliti menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Islam Al-Jawahir Samarinda telah memenuhi tiga indikator pelaksanaan pembinaan ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi siswa, antara lain: (1) Pelaksanaan pembinaan ekstrakurikuler disusun secara sistematis mulai dari pemilihan pembina berdasarkan kompetensi yang sesuai dengan jenis kegiatan ekstrakurikuler, pengelompokan siswa disesuaikan dengan minat dan bakat, dan pelaksanaan yang sesuai dengan metode pengajaran serta jadwal yang telah ditetapkan. (2) Strategi pembinaan ekstrakurikuler pada siswa berprestasi dengan pemberian metode yang sesuai, mengirimkan siswa di berbagai kompetisi, memberikan reward kepada siswa dan guru yang berprestasi, serta terus menjalin kerja sama dengan mitra. (3) Evaluasi dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Bentuk evaluasi yang dilakukan di SD Islam Al-Jawahir Samarinda dilihat dari pengukurannya, sekolah menggunakan jenis evaluasi dalam bentuk tes dan non-tes. Dengan adanya evaluasi pembinaan ekstrakurikuler di SD Islam Al-Jawahir Samarinda, siswa dapat mengetahui minat dan bakatnya serta dapat terus mengasah kemampuannya untuk mencapai prestasi. Prestasi yang diraih berdampak baik untuk sekolah, di mana dari prestasi hasil pembinaan ekstrakurikuler, sekolah semakin dikenal masyarakat luas dan menciptakan sekolah yang baik.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4771
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [356]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV