View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

GAMBARAN ADVERSITY QUOTIENT PADA ANAK BERMASALAH HUKUM DI UPTD-PANTI SOSIAL BINA REMAJA KOTA SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
Skripsi _Muhammad Nur Rahman_FUAD.pdf (122.2Kb)
Date
2024-07
Author
Rahman, Muhammad Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Muhammad Nur Rahman, 2024. Gambaran Adversity Quotient pada Anak Bermasalah Hukum di UPTD-Panti Sosial Bina Remaja Kota Samarinda. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. M. Abzar D. M.Ag dan Rini Fitriani Permatasari, S.Psi., M.A. Adversity Quotient merupakan sebuah kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam menyelesaikan kesulitan hidupnya. Remaja merupakan masa di mana terjadinya proses perkembangan yang meliputi perubahan-perubahan yang berhubungan dengan perkembangan psikoseksual, serta perubahan dalam hubungan orang tua dan cita-cita anak. Pembentukan cita-cita merupakan orientasi masa depan. Anak Bermasalah Hukum atau Anak yang Berkonflik dengan Hukum merupakan remaja yang melakukan kenakalan dan melanggar hukum. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Adversity Quotient pada Anak Bermasalah Hukum selama di UPTD-Panti Sosial Bina Remaja Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini melibatkan Anak Bermasalah Hukum di UPTD-Panti Sosial Bina Remaja Kota Samarinda. Metode pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik yang diadaptasi oleh Creswell yang mencakup enam tahapan: penjelasan fenomena, horizonalization, klarifikasi tema (textural dan deskripsi struktural), refleksi dan analisis, deskripsi esensi, dan deskripsi gabungan. Penelitian menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber dengan tujuan untuk memperkuat validitas hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga informan yaitu Anak Bermasalah Hukum memiliki aspek adversitas yang baik selama di panti sosial. Pertama, aspek control ketiga informan memiliki sifat pengendalian diri dan sabar dalam menahan emosinya. Kedua, aspek origin and ownership, ketiga informan mempunyai sifat bertanggung jawab atas permasalahannya dan penerimaan diri atau masa lalu yang telah dilakukan. Ketiga, aspek reach, ketiga informan dapat membedakan yang baik dan salah namun belum mampu membatasi dampak negatif yang mempengaruhi aspek kehidupan lainnya. Aspek terakhir, endurance, anak-anak mampu bertahan dengan baik di panti sosial, tetapi mereka belum mempunyai daya juang yang kuat atau disiplin dikarenakan membawa perilaku dari rumah dan keinginan untuk menunjukkan sisi positif pada keluarganya. Hanya saja, keluarganya tidak selalu membesuknya.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4779
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [356]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV