Show simple item record

dc.contributor.authorMasbiyanti
dc.date.accessioned2020-06-09T02:17:42Z
dc.date.available2020-06-09T02:17:42Z
dc.date.issued2017-09-04
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/477
dc.description.abstractABSTRAK Masbiyanti, 2017. Hubungan Antara Mutu Layanan Bimbingan dan Konseling Dengan Perilaku Disiplin Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA sebagai pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini, M. Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara mutu layanan bimbingan dan konseling dengan perilaku disiplin siswa karena jumlah siswa yang melanggar kecil jika dibanding dengan jumlah keseluruhan siswa walaupun dengan jumlah guru bimbingan dan konseling yang tidak sesuai dengan lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomer 111 tahun 2014 tentang bimbingan konseling pada pendidikan dasar dan menengah di dalamnya dijelaskan bahwa beban kerja seorang konselor atau guru bimbingan dan konseling adalah 150-160 siswa ekuivalen 24 jam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah terdapat hubungan yang signifikan antara Mutu Layanan Bimbingan dan Konseling Dengan Perilaku Disiplin Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil objek penelitian di MAN 2 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, angket, dan dokumentasi. Adapun variabel independen ialah mutu layanan bimbingan dan konseling dan adapun variabel dependen ialah perilaku disiplin siswa. Teknik analisis yang digunakan ialah uji korelasi product moment dan uji t. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu angka korelasi antara mutu layanan bimbingan dan konseling dengan perilaku disiplin siswa sebesar 0,8606 berdasarkan diinterpretasikan dengan interpretasi nilai r, maka nilai r masuk pada rentang nilai antara 0,70 s/d 0,90 dan masuk dalam kategori kuat. Adapun dari pengujian hipotesis berdasarkan rumus uji t didapati t_hitung sebesar 0,758 dan t_tabel 0,277 dengan begitu H_aditerima sedangkan H_o ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara mutu layanan bimbingan dan konseling dengan perilaku disiplin siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectDisiplin, Bimbingan dan Konseling, Mutu Layananen_US
dc.titleHubungan Antara Mutu Layanan Bimbingan dan Konseling Dengan Perilaku Disiplin Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record