View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH TABUNGAN BERKAH PADA BANKALTIMTARA SYARIAH KCPS SURYANATA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_AULIA FEBRIAN PUTRI_FEBI.pdf (57.75Kb)
Date
2024-07
Author
PUTRI, AULIA FEBRIAN
Metadata
Show full item record
Abstract
Aulia Febrian Putri. 2024. “Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Berkah Pada Bankaltimtara Syariah KCPS Suryanata”. Skripsi, Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Irma Yuliani, S.E., M.Si selaku pembimbing I, dan Arista Wibowo, M.Pd selaku pembimbing II. Literasi keuangan di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara lain, meskipun OJK telah gencar melakukan upaya peningkatan pemahaman masyarakat tentang lembaga keuangan. Seiring dengan perkembangan perbankan syariah di Kalimantan Timur, Bankaltimtara Syariah KCPS Suryanata berhasil mencatatkan pertumbuhan aset yang pesat dan peningkatan jumlah nasabah pengguna produk tabungan berkah. Hal ini mengindikasikan adanya potensi pasar yang signifikan untuk produk tabungan berkah di kantor cabang ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat literasi keuangan dan kualitas produk terhadap keputusan nasabah memilih tabungan berkah secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 101 orang yang disebarkan kepada nasabah Bankaltimtara Syariah KCPS Suryanata yang menggunakan Tabungan Berkah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, kemudian melalui uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisiensi determinasi, dan uji hipotesis secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara simultan mempengaruhi keputusan nasabah. Pengaruh yang diberikan oleh variabel tingkat literasi keuangan dan kualitas produk sebesar 37,1%, sedangkan sisanya 62,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4791
Collections
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah [318]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV