Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, AULIA FEBRIAN
dc.date.accessioned2025-06-19T01:38:35Z
dc.date.available2025-06-19T01:38:35Z
dc.date.issued2024-07
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4791
dc.description.abstractAulia Febrian Putri. 2024. “Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Berkah Pada Bankaltimtara Syariah KCPS Suryanata”. Skripsi, Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Irma Yuliani, S.E., M.Si selaku pembimbing I, dan Arista Wibowo, M.Pd selaku pembimbing II. Literasi keuangan di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara lain, meskipun OJK telah gencar melakukan upaya peningkatan pemahaman masyarakat tentang lembaga keuangan. Seiring dengan perkembangan perbankan syariah di Kalimantan Timur, Bankaltimtara Syariah KCPS Suryanata berhasil mencatatkan pertumbuhan aset yang pesat dan peningkatan jumlah nasabah pengguna produk tabungan berkah. Hal ini mengindikasikan adanya potensi pasar yang signifikan untuk produk tabungan berkah di kantor cabang ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat literasi keuangan dan kualitas produk terhadap keputusan nasabah memilih tabungan berkah secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 101 orang yang disebarkan kepada nasabah Bankaltimtara Syariah KCPS Suryanata yang menggunakan Tabungan Berkah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, kemudian melalui uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisiensi determinasi, dan uji hipotesis secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara simultan mempengaruhi keputusan nasabah. Pengaruh yang diberikan oleh variabel tingkat literasi keuangan dan kualitas produk sebesar 37,1%, sedangkan sisanya 62,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectLiterasi Keuangan, Kualitas Produk, Keputusan Nasabah, Tabungan Berkah, Bank Syariah.en_US
dc.titlePENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH TABUNGAN BERKAH PADA BANKALTIMTARA SYARIAH KCPS SURYANATAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record