MANAJEMEN MADRASAH ADIWIYATA DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP DI MAN 1 SAMARINDA PLUS KETERAMPILAN DAN RISET
Abstract
Rahmad Supriadi, 2024. “Manajemen Madrasah Adiwiyata dalam Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan Hidup di MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset”. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penulisan skripsi ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku Pembimbing I dan Bapak Muhammad Khairul Rijal, M.Pd selaku Pembimbing II.
MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam mengelola program Adiwiyata dengan efektivitas dan efisiensi yang mencerminkan komitmen seluruh komunitas sekolah terhadap pelestarian lingkungan hidup. Prestasi yang diraih, mulai dari penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota hingga Nasional, serta persiapan menuju Adiwiyata Mandiri, membuktikan keberhasilan madrasah ini dalam mengintegrasikan pendidikan lingkungan ke dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari. Kegiatan rutin seperti Sabtu Bersih dan upaya konservasi air serta pengelolaan sampah, menunjukkan partisipasi aktif dan kesadaran lingkungan dari seluruh warga madrasah. Madrasah ini tidak hanya berhasil menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan madrasah, tetapi juga mendidik siswa untuk mengembangkan perilaku ramah lingkungan, menjadikannya sebagai contoh inspiratif bagi sekolah atau madrasah lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan Madrasah Adiwiyata dalam menumbuhkan kepedulian lingkungan hidup. Penelitian "Manajemen Madrasah Adiwiyata dalam Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan Hidup di MAN 1 Plus Keterampilan dan Riset" menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendalami kontribusi manajemen Madrasah Adiwiyata dalam meningkatkan kesadaran lingkungan di sekolah. Fokus penelitian pada proses manajemen yaitu POAC, menggunakan sumber data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model Milles dan Huberman melalui pengumpulan, kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan dan strategi efektif untuk pengembangan manajemen lingkungan di pendidikan.
Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan Madrasah Adiwiyata di MAN 1 Plus Keterampilan dan Riset dilakukan secara sistematis dan terpadu, dimulai dengan penerimaan surat edaran dari DLH Kota Samarinda dan pembentukan Tim Adiwiyata melalui SK Kepala Madrasah. Struktur organisasi Adiwiyata melibatkan berbagai pihak di sekolah dengan tanggung jawab khusus, sementara pelaksanaannya mencakup kegiatan kebersihan, pengelolaan sampah, pendidikan lingkungan hidup, dan konservasi air, serta kerjasama dengan berbagai pihak eksternal. Pengawasan dan evaluasi program dilakukan secara berkala melalui rapat madrasah untuk mengatasi kendala seperti keterlibatan siswa, masalah dana, dan konsistensi perilaku ramah lingkungan, sehingga menghasilkan lingkungan sekolah yang asri, sejuk, dan rapi.