Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru di SMK TI Labbaika
Abstract
ABSTRAK
Hazir Lutfianto, 2019. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru di SMK TI Labbaika”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda“. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M.Pd dan Bapak Gianto, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam organisasi sangat dibutuhkan untuk membawa organisasi kepada tujuan yang telah ditetapkan. Peningkatan profesional guru merupakan perihal yang sangat menentukan keberhasilan lembaga sekolah, karena dari guru perubahan dalam bidang pendidikan akan dicapai . faktor guru sangat menentukan terbentuknya peserta didik yang berkualitas. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja dan bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK TI Labbaika.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan mengumpulkan informasi dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pengumpulan data.
Adapun hasil penelitian adalah: peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di SMK TI Labbiaka adalah: a) kepala sekolah sebagai supervisor, b) sebagai evaluator, c) sebagai edukator, d) menjadi suri tauladan, e) mendelegasikan tugas dan wewenang dan f) meciptakana suasana kondusif. Selain itu juga, ada beberapa peran lain kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru antara lain: a) membangkitkan semangat kerja para guru dengan cara menumbuhkan rasa memiliki terhadap lembaga, b) meningkatkan kerja sama dengan lembaga lain, c) memberikan motivasi kepada guru, d), bentuk motivasi instrinsik dan ekstrinsik, e) melakukan komunikasi persuasif, f) memberikan kesejahteraan diluar gajih pokok.