dc.description.abstract | Febrianti Alifia Putri, 2024. “Upaya Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik di MTs Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Ibu Yunita Noor Azizah, M.Pd.I sebagai Pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini bahwa tenaga pendidik menjadi faktor yang menentukan mutu pendidikan, karena tenaga pendidik yang berhadapan langsung dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar di kelas. Dalam menjalankan tugas profesionalnya, tenaga pendidik memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah, oleh karena itu tenaga pendidik harus memiliki dan menguasai kompetensinya dan juga mengetahui hak dan kewajiban menjadi seorang pendidik agar menjadi tenaga pendidik yang profesional. Tenaga pendidik yang profesional dituntut memiliki kompetensi-kompetensi khusus yaitu, pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Diketahui MTs Labbaika Samarinda sebuah lembaga pendidikan yang berakreditasi baik dan citra yang baik di mata masyarakat yang membuat banyak peminat. Dengan banyaknya peserta didik dibutuhkan tenaga pendidik yang berkualitas, untuk itu kepala madrasah yang berperan mengupayakan peningkatan mutu tenaga pendidik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala madrasah dalam peningkatan mutu tenaga pendidik di MTs Labbaika Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala madrasah dan para tenaga pendidik di MTs Labbaika Samarinda. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa upaya peningkatan mutu tenaga pendidik yang dikerjakan kepala madrasah di MTs Labbaika Samarinda menunjukkan hasil yang baik dan efektif. Dapat dilihat dari hasil penelitian, upaya yang dilakukan kepala madrasah adalah pembinaan dan pelatihan, melakukan kedisiplinan, pengendalian dan pengawasan melalui evaluasi kerja, memberikan penghargaan, dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang cukup. | en_US |