PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, KONTROL PERILAKU, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT UMKM HALAL MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Radiatun, 2024. “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat UMKM Halal Menggunakan Digital Marketing di Kota Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Tikawati, S.E., M.Si. dan Ibu Irma Yuliani, S.E., M.Si.
Era digital saat ini, digital marketing menjadi salah satu strategi yang paling penting bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi minat UMKM dalam menggunakan digital marketing, khususnya dalam konteks UMKM halal. Platform yang digunakan dalam penelitian ini yaitu media sosial berupa WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, persepsi manfaat, dan persepsi kemudahan terhadap minat UMKM halal menggunakan digital marketing di Kota Samarinda.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah UMKM halal di Kota Samarinda sekitar 1.798 orang. Berdasarkan rumus Slovin diperoleh sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dan menggunakan dua teori yaitu Theory of Planned Behavior (TPB) dan Technology Acceptance Model (TAM). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, angket, dan dokumentasi dengan skala Likert. Data dianalisis dengan cara regresi logistik.
Hasil penelitian ini adalah: sikap secara parsial tidak berpengaruh signifikan, hal ini dikarenakan nilai signifikan sebesar 0,052 > 0,05 dan nilai t_hitung sebesar -1,977 < 1,985. Norma subjektif secara parsial berpengaruh signifikan, hal ini dikarenakan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t_hitung sebesar -5,033 < 1,985. Kontrol perilaku secara parsial tidak berpengaruh signifikan, hal ini dikarenakan nilai signifikan sebesar 0,000 > 0,05 dan nilai t_hitung sebesar -5,033 < 1,985. Persepsi kemudahan secara parsial tidak berpengaruh signifikan, hal ini dikarenakan nilai signifikansi sebesar 0,015 > 0,05 dan nilai t_hitung sebesar -2,484 < 1,985. Persepsi manfaat secara parsial berpengaruh signifikan, hal ini dikarenakan nilai signifikansi sebesar 0,015 > 0,05 dan nilai t_hitung sebesar -2,484 terhadap minat UMKM halal menggunakan digital marketing di Kota Samarinda. Sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, persepsi kemudahan, dan persepsi manfaat secara simultan berpengaruh terhadap minat UMKM halal menggunakan digital marketing di Kota Samarinda, hal ini dikarenakan nilai F_hitung lebih besar dari F_tabel (27,759 > 2,31), dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05.