dc.description.abstract | Anggi Adinda, 2024. “Pengaruh Beauty Vlogger, Promosi, Live Shopping dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific pada Generasi Z Muslim Kota Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Nurul Fadhilah, S.S.T., M.E. dan Tika Parlina, M.M.
Fenomena penggunaan media sosial telah mengubah cara konsumen Gen Z Muslim dalam membuat keputusan pembelian produk kecantikan. Beauty vlogger menjadi sumber informasi dan rekomendasi yang penting, memengaruhi preferensi dan pilihan produk. Selain itu, live shopping telah menjadi tren baru dalam belanja online yang memungkinkan interaksi langsung dan promosi yang menarik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Pengaruh Beauty Vlogger, Promosi, Live Shopping dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Gen Z Muslim di Kota Samarinda)”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan melakukan analisis data prosedur statistik. Penelitian ini menggunakan empat variabel X dan satu variabel Y yaitu beauty vlogger (X1), promosi (X2), live shopping (X3), harga (X4), dan keputusan pembelian (Y). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket sebanyak 42 butir pernyataan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari (uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), dan uji analisis regresi linear berganda yang terdiri dari (uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi).
Hasil analisis regresi linear berganda menemukan bahwa beauty vlogger (signifikansi 0,28), promosi (signifikansi 0,04), live shopping (signifikansi 0,38), dan harga (signifikansi 0,000) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitu pun secara simultan beauty vlogger (X1), promosi (X2), live shopping (X3), harga (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (signifikansi uji F 0,000). Sekitar 54,2% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat faktor tersebut. Analisis ini, pada tingkat signifikansi 0,05, menyimpulkan bahwa beauty vlogger (X1), promosi (X2), live shopping (X3), harga (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun bersama-sama. | en_US |