MANAJEMEN LAYANAN ADMINISTRASI DI MTs LABBAIKA SAMARINDA
Abstract
Umi Nur Hidayati, 2024, Manajemen Layanan Administrasi di MTs Labbaika Samarinda. Skripsi Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Bahrani, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Rabiatul Adawiyah, M.Pd sebagai pembimbing II.
MTs Labbaika Samarinda sudah melaksanakan administrasi otomasi dalam melakukan pembayaran SPP, selain itu kerja sama tim yang baik antar pegawai, melaksanakan tugas secara efektif dan efisien, serta mengadakan rapat bulanan guna evaluasi dalam pelaksanaan manajemen layanan administrasi. Dengan demikian, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui manajemen layanan administrasi tata usaha dan kendala serta solusi.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian meliputi kepala tata usaha dan staf tata usaha. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana melalui tiga tahapan, yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen layanan administrasi tata usaha di MTs Labbaika telah melaksanakan layanan administrasi otomasi dalam hal pembayaran SPP melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan pengawasan. Namun kendala yang dihadapi oleh madrasah adalah sistem administrasi otomasi yang belum optimal. Solusi dari kendala ini, madrasah harus lebih proaktif melakukan komunikasi dengan pihak bank terkait.