PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING AURORA SHOP PADA GENERASI Z DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Dwi Yunita, 2024. "Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Impulsive Buying Aurora Shop Pada Generasi Z di Kota Samarinda". Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Darmawati, M.Hum dan Dharma Yanti, S.E., M.Si.
Aurora Shop sebagai salah satu toko busana fashion di Kota Samarinda memiliki konsumen dari berbagai kalangan, di antaranya generasi Z. Perilaku impulsive buying merupakan suatu fenomena yang banyak melanda kehidupan masyarakat yang tinggal di perkotaan, termasuk kalangan siswa yang tergolong dalam generasi Z. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap perilaku impulsive buying Aurora Shop pada Generasi Z di Kota Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Toko Aurora Shop Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan jumlah 96 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji hipotesis melalui uji-t dan uji-f, koefisien determinasi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan berdasarkan nilai thitung < ttabel yaitu 1,287 < 1,98552. Kemudian harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan berdasarkan nilai thitung < ttabel yaitu 1,819 < 1,98552, serta kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan berdasarkan nilai thitung > ttabel yaitu 2,157 > 1,98552. Berdasarkan pernyataan dari kuisioner, promosi dalam bentuk diskon tidak mampu menarik perhatian generasi Z, dan partisipan dalam penelitian ini tidak mengakses informasi produk Aurora Shop di Samarinda melalui media sosial. Dan pernyataan kuisioner dari variabel harga bahwa generasi Z di Kota Samarinda cenderung mencari informasi harga sebelum membeli produk menunjukkan kesadaran mereka terhadap nilai uang dan keinginan untuk membeli produk dengan harga terbaik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara simultan promosi, harga, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku impulsive buying. Hal ini diperoleh dari nilai fhitung sebesar 15,511 > ftabel sebesar 1,37. Hasil uji nilai Adjusted R Square sebesar 0,313 menunjukkan bahwa variabel promosi (X1), harga (X2), dan kualitas produk (X3), mampu menjelaskan perilaku impulsive buying (Y) sebesar 31,3%. Sedangkan sisanya sebesar 68,7% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.