dc.description.abstract | Riska Aftarina, 2024. “Pengaruh Green Marketing dan Pengetahuan Green Product Terhadap Minat Beli Produk Sukin Skincare (Pada Generasi Z Muslim di Samarinda)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M.Ag dan Alias Candra, M.E.I.
Kemajuan teknologi pada saat ini membuat industri kosmetik berkembang dengan sangat cepat, namun tanpa disadari kemasan produk kosmetik dibuat dari bahan plastik yang tidak dapat didaur ulang yang menyebabkan sampah plastik menumpuk dan menyebabkan masalah lingkungan. Green marketing atau pemasaran ramah lingkungan dan produk ramah lingkungan atau green product merupakan cara berpikir yang benar-benar baru di bidang pemasaran yang muncul untuk meningkatkan minat beli konsumen dan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan agar dapat memecahkan masalah lingkungan. Salah satu produk kecantikan atau kosmetik yang terlibat dalam green marketing dan green product yaitu Sukin skincare. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengkaji pengaruh green marketing dan pengetahuan green product terhadap minat beli produk Sukin skincare pada generasi Z Muslim di Samarinda.
Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Muslim di Kota Samarinda yang pernah menggunakan atau yang sedang menggunakan produk Sukin skincare. Tetapi dalam penelitian ini masyarakat yang menggunakan produk Sukin skincare tidak diketahui jumlahnya, maka untuk teknik pengambilan populasi menggunakan rumus Lemeshow dan untuk teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan jumlah 100 responden yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Green Marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini dapat diketahui dengan melihat hasil perhitungan data yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Pengetahuan Green Product (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini dapat diketahui dengan melihat hasil perhitungan data yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Green Marketing dan Pengetahuan Green Product secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Beli pengguna produk Sukin Skincare pada generasi Z Muslim di Kota Samarinda dan dapat dinilai melalui Adjusted R Square sebesar 0,431. Jadi, kontribusi pengaruh variabel independen Green Marketing dan Green Product terhadap Minat Beli dalam penelitian ini adalah 43,1%, sedangkan sisanya 52,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian. | en_US |