View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

IMPLEMENTASI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DALAM MENANAMKAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD IT AR-RAJWAA SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
Skripsi_Jamilatul Wahdah_FTIK.pdf (296.1Kb)
Date
2024-11
Author
Wahdah, Jamilatul
Metadata
Show full item record
Abstract
Jamilatul Wahdah, 2024. “Implementasi Program Bina Pribadi Islam (BPI) dalam Menanamkan Nilai Profil Pelajar Pancasila di SD IT Ar-Rajwaa Samarinda.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Sunanik, M.Pd.I selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari ketertarikan peneliti terhadap SD IT Ar-Rajwaa Samarinda yang merupakan salah satu sekolah JSIT yang memiliki program pembinaan khusus yaitu Program Bina Pribadi Islam (BPI), dengan implementasinya yang dikelola tertata rapi oleh pihak sekolah dan implementasinya dapat menanamkan nilai Profil Pelajar Pancasila di SD IT Ar-Rajwaa Samarinda, khususnya Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Bernalar Kritis, dan Mandiri. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Program BPI dalam Menanamkan Nilai Profil Pelajar Pancasila di SD IT Ar-Rajwaa Samarinda, untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam Implementasi BPI. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PJ BPI Muslim dan Muslimah, dan Peserta Didik. Serta menggunakan teknik keabsahan data berupa triangulasi teknik dan sumber, dan teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa Implementasi Program BPI di SD IT Ar-Rajwaa Samarinda telah berjalan. Dalam implementasi BPI ada 3 proses yaitu: Perencanaan: Kepala Sekolah menugaskan tim pengajar BPI, lalu jadwal disusun dan masuk dalam intrakurikuler, guru PJ BPI membuat modul ajar. Pelaksanaan: yaitu dengan penyampaian materi agama seperti tentang sholat serta praktiknya, dan pembiasaan keteladanan oleh guru. Dalam pelaksanaan Program BPI, elemen Profil Pelajar Pancasila yang difokuskan yaitu elemen Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan YME (praktik sholat), dan Berakhlak Mulia melalui kegiatan mengucap salam dan berdo’a sebelum belajar, dan penayangan kisah Nabi. Bernalar Kritis melalui diskusi dan tanya jawab, dan Mandiri melalui penyelesaian tugas yang diberikan. Evaluasi: kegiatan evaluasi berupa rapot mutaba’ah yang dipantau juga oleh orang tua. Dengan kerja sama seluruh warga sekolah dan orang tua, menjadikan siswa terdidik untuk menanamkan nilai-nilai agama dan nilai Profil Pelajar Pancasila, menghargai perbedaan, menyayangi lingkungan, menjadi penerus bangsa yang bermoral dan memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila yang kuat.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4865
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [245]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV