Show simple item record

dc.contributor.authorAZIZAH, NOR
dc.date.accessioned2025-06-25T01:43:05Z
dc.date.available2025-06-25T01:43:05Z
dc.date.issued2024-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4872
dc.description.abstractNor Azizah, 2024. Pengaruh Harga, Label Halal, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Masyarakat Muslim Pada Restoran Jepang Marugame Udon di Kota Samarinda. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Kokom Komariah, SP., M.Si dan Nur Rahmatullah, M.S.A. Perkembangan ekonomi di Indonesia semakin berkembang sangat pesat. Perkembangan yang terjadi pun tidak terlepas dari peran para pelaku usaha di dalamnya. Banyak masyarakat Indonesia yang bervariatif untuk mengembangkan suatu usaha, salah satunya dalam bidang kuliner. Apalagi di era globalisasi sekarang, banyak jenis makanan asing yang masuk ke Indonesia dan memberikan dampak pada segi gaya hidup, tren, pola makan, dan juga dari kebudayaan. Semakin banyak jenis makanan asing yang masuk ke Indonesia membuat sebagian masyarakat khawatir dengan bahan-bahan yang tidak halal dalam makanan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah harga, label halal, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli masyarakat muslim pada Restoran Jepang Marugame Udon di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Masyarakat atau konsumen muslim Restoran Marugame Udon di Kota Samarinda yang menjadi populasi dalam penelitian ini berjumlah 11.128 pelanggan. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling berupa pendekatan sampel acak sederhana (simple random sampling) dengan jumlah 100 sampel yang diambil. Sumber data penelitian ini didapat dari data primer yang berupa kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan label halal secara parsial berpengaruh terhadap minat beli masyarakat muslim. Sedangkan kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli masyarakat muslim. Harga, label halal, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap minat beli masyarakat muslim pada Restoran Jepang Marugame Udon di Kota Samarinda. Dapat disimpulkan bahwa harga dan label halal mempengaruhi minat beli masyarakat muslim karena harga yang terjangkau dan sudah berlabel halal dapat menarik minat seseorang, sedangkan kualitas pelayanan tidak terlalu berpengaruh terhadap minat beli dikarenakan standar pelayanan yang dimiliki hampir sama dengan restoran Jepang lainnya.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectHarga, Label Halal, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Masyarakat Muslim, Marugame Udon.en_US
dc.titlePENGARUH HARGA, LABEL HALAL, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT MUSLIM PADA RESTORAN JEPANG MARUGAME UDON DI KOTA SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record