View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LOK-R TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAYAH NEGERI 2 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_NURLIA ERIKA TITANIA_FTIK.pdf (132.1Kb)
Date
2024-10
Author
TITANIA, NURLIA ERIKA
Metadata
Show full item record
Abstract
Nurlia Erika Titania, 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Lok-R Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi karena penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional, kurangnya pemanfaatan media dalam belajar, serta peserta didik yang kurang kondusif saat pembelajaran sehingga mengakibatkan hanya 47% peserta didik dalam kategori tuntas dan 53% peserta didik dalam kategori tidak tuntas. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran LOK-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi) dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, model pembelajaran Lok-R ini belum pernah digunakan saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Lok-R terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V MIN 2 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experiment Design rancangan Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control-Group Design. Dengan jumlah populasi 127 peserta didik dan sampel yang digunakan pada kelas Vb sebagai kelas kontrol dan kelas Vc sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sebanyak 31 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik uji prasyarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji Z. Hasil penelitian dari analisis data yang telah dilakukan dan dijelaskan bahwa diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) = 0.000 dengan menggunakan uji hipotesis independent sample z-test. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, jika Sig. (2-tailed) < 0.05, maka terdapat perbedaan signifikan. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti dapat dikatakan bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran Lok-R terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MIN 2 Samarinda. Pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Lok-R mendapat 97% peserta didik dalam kategori tuntas, dan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional mendapati 64% peserta didik dalam kategori tuntas.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4874
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [243]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV