IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 003 LOA KULU KUTAI KARTANEGARA
Abstract
Sri Farida Afriliani, 2024. Implementasi Pendidikan Inklusi di SDN 003 Loa Kulu Kutai Kartanegara. Skripsi, Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Robingatin, M.Ag selaku dosen pembimbing I dan Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi hak setara untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus. Pendidikan inklusi merupakan sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk belajar bersama-sama, tanpa memandang kondisi fisik, mental, sosial, emosional, dan bahkan status sosial ekonomi. Pentingnya pendidikan inklusi untuk memberikan wadah untuk anak berkebutuhan khusus, mengembangkan potensi, dan menyelamatkan masa depan mereka dari diskriminasi pendidikan yang cenderung mengabaikan anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti ingin mengetahui Implementasi Pendidikan Inklusi yang diterapkan oleh SDN 003 Loa Kulu Kutai Kartanegara.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data kepala madrasah, operator sekolah, guru kelas, siswa, dan orang tua. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam pelaksanaan pendidikan inklusi sekolah harus mencapai indikator pelaksanaan untuk mengukur kemajuan dan efektivitas implementasi pendidikan inklusi. Indikator pelaksanaan implementasi pendidikan inklusi: (1) Tingkat partisipasi siswa dengan berkebutuhan khusus. (2) Kemajuan akademik siswa dengan berkebutuhan khusus. (3) Dukungan guru dan staf untuk siswa dengan berkebutuhan khusus. (4) Akses yang adil ke sumber daya dan layanan pendukung. (5) Kepuasan orang tua dan siswa.
Faktor pendukung implementasi pendidikan inklusi di SDN 003 Loa Kulu: (1) Dukungan orang tua dan dukungan guru. (2) Adanya pelatihan kompetensi tenaga pendidik. (3) Adanya kesatuan cara pandang yang positif. (4) Lingkungan sekolah yang ramah. (5) Siswa normal menghargai keberadaan anak berkebutuhan khusus. (6) Sarana dan prasarana.
Faktor penghambat implementasi pendidikan inklusi di SDN 003 Loa Kulu: (1) Masih kurangnya guru dalam pemahaman tentang anak berkebutuhan khusus dan pendidikan inklusi. (2) Kurangnya sumber daya manusia.