PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MUSLIM DALAM MENGGUNAKAN PEMBAYARAN E-WALLET DI SAMARINDA
Abstract
Nida Nafilah, 2024. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Konsumen Muslim dalam Menggunakan Pembayaran E-Wallet di Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Akhmad Nur Zaroni, M.Ag dan Bapak Alias Candra, M.E.I.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi digital, khususnya dalam bidang pembayaran elektronik atau e-wallet. Perkembangan internet dan teknologi digital telah membawa dampak yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pada perilaku konsumen dalam melakukan transaksi keuangan. E-wallet menjadi salah satu alat pembayaran digital yang semakin populer di kalangan masyarakat, termasuk konsumen muslim di Samarinda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan konsumen muslim dalam menggunakan e-wallet di Samarinda secara parsial dan simultan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data responden sebanyak 100 orang, didapat dari penyebaran kuesioner pada Google Form yang disebarkan kepada konsumen muslim yang menggunakan e-wallet di Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling. Pengujian analisis data menggunakan SPSS Statistics 25, dengan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, kemudahan, dan keamanan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen muslim dalam menggunakan e-wallet di Samarinda. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kepercayaan, kemudahan, dan keamanan yang dirasakan oleh konsumen muslim, maka semakin tinggi pula keputusan mereka untuk menggunakan e-wallet.