dc.description.abstract | Padilah, 1811102102. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Religious Culture di SMP Negeri 16 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zamroni, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini tentang peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan religious culture di SMP Negeri 16 Samarinda. Kepemimpinan suatu lembaga pendidikan memiliki pengaruh besar terhadap budaya dan perilaku warga sekolah, termasuk untuk menciptakan budaya yang religious, sehingga sekolah tersebut memiliki keunggulan yang dijanjikan kepada masyarakat sebagai konsumen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan dalam meningkatkan religious culture di SMP Negeri 16 Samarinda.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, staf guru, peserta didik, dan wali murid. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data digunakan melalui analisis Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian: peran kepala sekolah dalam meningkatkan religious culture di SMP Negeri 16 Samarinda merupakan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan religious culture di sekolah dengan cara melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bertema keagamaan. Hal ini dapat dilihat dari nilai-nilai religius sekolah yang telah ditanamkan oleh kepala sekolah melalui berbagai macam program yang dibentuk seperti kegiatan TPQ membaca dan mempelajari baca tulis Al-Qur’an, kegiatan lomba keagamaan seperti festival habsy, memperingati hari besar Islam, kegiatan doa bersama, serta kegiatan keagamaan lainnya yang dilaksanakan dan tidak lepas dari peran penting dukungan kepala sekolah.
Dalam peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan religious culture di SMP Negeri 16 Samarinda memiliki peran sebagai berikut:
Peran kepala sekolah sebagai pemimpin yaitu mengayomi dan membimbing baik pendidik, tenaga kependidikan, bahkan siswa.
Peran kepala sekolah sebagai manajer yaitu menginstruksikan dan menjalankan evaluasi terhadap problematika sekolah serta mencari solusinya.
Peran kepala sekolah sebagai edukator yaitu mendidik, membimbing, dan mengayomi siswa/siswi di sekolah.
Peran kepala sekolah sebagai administrator yaitu mengadministrasikan segala administrasi yang ada di sekolah.
Peran kepala sekolah sebagai supervisor yaitu melakukan supervisi akademik seperti kunjungan kelas guru-guru yang mengajar. | en_US |