dc.description.abstract | Rohadatul Aisy, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MI Ma’arif NU 001 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ahmad Maulana Syafi’i, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dengan permasalahan yang ada, upaya yang dilakukan oleh guru ialah mengimplementasikan model pembelajaran Teams Games Tournament, karena model pembelajaran ini tidak memiliki banyak persiapan alat dan bahan, tidak memerlukan fasilitas khusus, akan tetapi sesuai dengan konsep belajar yang sejalan dengan penghayatan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament, minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas III MI Ma’arif NU 001 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian berjumlah 100 siswa dan sampel penelitian berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket, dokumentasi, dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji t, dan uji koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament diperoleh kesimpulan berkategori sangat sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, serta minat belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan diperoleh kesimpulan berkategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji t dengan nilai thitung 2,935 > ttabel 1,713, yang artinya diterima dengan hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas III MI Ma’arif NU 001 Samarinda. Berdasarkan uji koefisien determinasi memperoleh kesimpulan model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh sebesar 55,3% terhadap minat belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. | en_US |