dc.description.abstract | Hamidana Khikmah. Skripsi, 2024. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SD Islamic Center Samarinda, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Ditulis di bawah bimbingan Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd sebagai Pembimbing I dan H. Susanto, Lc., M.Pd.I sebagai Pembimbing II.
SD Islamic Center Samarinda termasuk dalam salah satu sekolah dasar yang unggul di Samarinda, dan para tenaga kependidikannya memiliki kedisiplinan yang cukup tinggi, terlihat dari kesehariannya yang datang tepat waktu, adanya ketepatan kerja tenaga kependidikannya dalam menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan dari kepala sekolah, serta pelayanan dari staf administrasinya yang terlihat cukup baik. Maka dari itu, penulis menduga adanya keterkaitan dengan manajemen kepala sekolah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan.
Penelitian ini dilakukan di SD Islamic Center Samarinda menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan sumber data dari kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan, serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian akan diuji keabsahan datanya melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya menganalisis data dengan menggunakan metode dari Miles, Huberman, dan Saldana, yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, peneliti memperoleh beberapa kesimpulan, yaitu dari proses manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan yang ada di SD Islamic Center Samarinda sudah terlaksana. Kepala sekolah merencanakan pengadaan pelatihan untuk meningkatkan kinerja, evaluasi rutin sekolah, peraturan kedisiplinan, menentukan penempatan kerja tenaga kependidikannya, mengorganisasikan, menempatkan, dan memberikan tugas sesuai dengan bagian dan kemampuannya. Selain mengadakan pelatihan, kepala sekolah juga memberikan pembinaan kedisiplinan, juga membantu apabila ada kesulitan dalam bekerja. Kepala sekolah selalu mengikuti arahan dan peraturan yang diberikan dari yayasan dengan mengawasi dan memantau kinerja tenaga kependidikan dan stafnya, menilai kinerja, penyelesaian laporan, memantau sikap dalam pelayanan, mengevaluasi kinerja dan program-program sekolah, serta memberikan penghargaan dan motivasi dalam menjalankan tugas yang diberikan. Manajemen kepala sekolah sudah terlaksana namun peraturannya tidak berasal langsung dari kepala sekolah, melainkan telah ditentukan oleh Yayasan Baitul Muttaqien. | en_US |