Pengaruh Kualitas Layanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Isnaniah. Pengaruh Kualitas Layanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Muhammad Nasir, M.Ag dan Bapak Ahmad Muthohar, M.SI.
Penelitian ini dilatarbelakangi pengetahuan tentang kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan yang akan memberikan banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain adalah kepuasan mahasiswa berfungsi sebagai pedoman untuk dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa sehingga menjadi sumber dari keunggulan daya saing yang berkelanjutan. Melihat saat ini persaingan antar Perguruan Tinggi semakin atraktif, hal ini dapat terlihat dari munculnya berbagai Perguruan Tinggi yang saling menawarkan keunggulannya masing-masing. Jika jasa yang dialami berada dibawah dari yang diharapkan, mahasiswa akan merasa tidak puas. Sedangkan jika jasa yang dialami memenuhi atau melebihi harapan, maka mahasiswa akan merasa puas atau sangat puas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa dan mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa.
Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah sampel 95 orang yang merupakan mahasiswa FTIK angkatan 2012 s/d 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan regresi linear berganda, koefisien korelasi, uji F dan uji t.
Hasil uji regresi linear berganda Y = 11,559 + 0,283 X1 + 0,292 X2 + 0,351 X3 + 0,233 X4 + 0,195 X5 menunujukkan bahwa variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa. Hal ini berarti terdapat hubungan yang kuat dari variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik terhadap kepuasan mahasiswa FTIK IAIN Samarinda.
Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,771 dan nilai R Square menunjukkan hasil sebesar 0,637 atau 63,7 persen. Menunjukkan bahwa Ha diterima dengan berarti terdapat pengaruh dari kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa FTIK IAIN Samarinda. Hasil uji t menunjukkan bahwa jaminan adalah faktor yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa FTIK IAIN Samarinda dengan thitung > ttabel (2,404 > 1,66140).