Show simple item record

dc.contributor.authorPURNAMASARI, NANDA OKTA
dc.date.accessioned2025-07-03T02:36:56Z
dc.date.available2025-07-03T02:36:56Z
dc.date.issued2024-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4933
dc.description.abstractNanda Okta Purnamasari, 2024. “Pengaruh Digital Marketing dan Label Halal Terhadap Tingkat Penjualan UMKM Paser Berayak di Kabupaten Paser”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iswadi, M.Si dan Bapak Basrie, M.Kom. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan serta kemajuan UMKM dan digital marketing yang semakin banyak digunakan sebagai media pemasaran. Lalu sebagai negara dengan mayoritas muslim, label halal sangat dibutuhkan tidak hanya oleh konsumen namun sangat penting bagi pelaku usaha. Di Kabupaten Paser, UMKM mulai berkembang, salah satunya melalui digital marketing dan label halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan label halal secara parsial dan simultan terhadap tingkat penjualan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer, diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada responden atau sampel penelitian ini, yaitu anggota komunitas UMKM Paser Berayak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling, dengan purposive sampling. Dari 115 orang anggota UMKM Paser Berayak yang merupakan populasi, diperoleh 60 orang sebagai sampel yang sesuai kriteria penelitian ini. Data pendukung diperoleh dari dokumentasi dan observasi. Pengujian data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS. Uji yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing secara parsial berpengaruh terhadap tingkat penjualan, berdasarkan hasil uji t nilai signifikansi yaitu 0,024 < 0,05 dan nilai thitung 2,316 > 1,672. Label halal secara parsial berpengaruh terhadap tingkat penjualan, berdasarkan hasil uji t nilai signifikansi yaitu 0,001 < 0,05 dan nilai thitung 3,470 > 1,672. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 25,152 > 4,010 yang menunjukkan bahwa digital marketing dan label halal secara simultan berpengaruh terhadap tingkat penjualan UMKM Paser Berayak. Hasil uji R Square yaitu 0,469 menunjukkan bahwa 46,9% variabel tingkat penjualan dapat dipengaruhi oleh digital marketing dan label halal, sedangkan sisanya 53,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectDigital Marketing, Label Halal, Tingkat Penjualan dan UMKM.en_US
dc.titlePENGARUH DIGITAL MARKETING DAN LABEL HALAL TERHADAP TINGKAT PENJUALAN UMKM PASER BERAYAK DI KABUPATEN PASERen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record