PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KANTIN SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN AJI MUHAMMAD IDRIS SAMARINDA
Abstract
Lilik Prastika Dewi, 2024. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Kantin Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Sugiyono, M.Kom. dan Ibu Yovanda Noni, S.E., M.E.
Adapun alasan peneliti ingin melakukan penelitian di Kantin Syariah karena banyak mahasiswa yang mengunjungi kantin tersebut dan belum adanya penelitian terdahulu yang meneliti kantin tersebut serta dari prasurvei dalam bentuk wawancara ke beberapa mahasiswa mengenai apa yang diketahui tentang Kantin Syariah, apa permasalahan atau kekurangan yang dihadapi dalam bertransaksi atau beraktivitas di Kantin Syariah. Dari pertanyaan tersebut diperoleh hasil terdapat permasalahan-permasalahan yang ada mengenai pelayanan dan fasilitas seperti kurang nyaman terhadap beberapa pelayanan yang dilakukan dan fasilitas yang dimiliki kantin masih banyak yang kurang seperti pendingin ruangan atau kipas. Dari permasalahan-permasalahan yang ada sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini adalah Kantin Syariah UINSI Samarinda. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa UINSI Samarinda sebanyak 7.027 orang. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Data yang dipakai pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Instrumen Penelitian, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, dan Uji Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen yang menjadi konsumen Kantin Syariah UINSI Samarinda. Sedangkan fasilitas secara parsial memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa yang menjadi konsumen Kantin Syariah UINSI Samarinda. Secara simultan kualitas pelayanan dan fasilitas memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa yang menjadi konsumen Kantin Syariah UINSI.