View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH LAYANAN TATA USAHA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_MUHAMMAD RIZAL FADLLI_FTIK.pdf (167.9Kb)
Date
2024-09
Author
FADLLI, MUHAMMAD RIZAL
Metadata
Show full item record
Abstract
Muhammad Rizal Fadlli, 2024. “Pengaruh Layanan Tata Usaha Terhadap Kepuasan Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Samarinda”, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. Imam Mohtar, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini membahas layanan tata usaha di sekolah bertugas sebagai pendukung perjalanan proses pendidikan melalui layanan tata usaha guna terselenggaranya proses pendidikan yang efektif dan efisien di sekolah. Pelayanan yang baik dapat memberikan kepuasan kepada orang yang dilayani dengan menjunjung tinggi hak, kecepatan, kemudahan, kebenaran, keramah tamahan dalam pelayanan. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh layanan tata usaha terhadap kepuasan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Samarinda dan besaran pengaruh layanan tata usaha terhadap kepuasan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis hitungan angka statistik dengan lokasi penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Samarinda. Populasi penelitian ini seluruh kelas IX yang berjumlah 252 dan sampel sebanyak 72 peserta didik yang didapat dengan menggunakan rumus slovin. Adapun teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampel purposive sampling artinya pengambilan sampel dilakukan dengan cara bertujuan. Cara peneliti memperoleh dan mengumpulkan data penelitian dengan menyebarkan angket serta didukung dengan observasi, dan dokumentasi guna dapat memperkuat hasil angket. Setelah mendapatkan data, langkah selanjutnya adalah menganalisis data penelitian dimulai dari uji persyarat (uji normalitas dan uji linieritas), uji regresi linier sederhana, uji korelasi produk moment, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan perhitungan analisis uji hipotesis (uji-t), diperoleh thitung 7,188 > ttabel 1.666 yang berarti hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh layanan tata usaha terhadap kepuasan peserta didik. Selanjutnya, diikuti dengan uji korelasi sebesar 0,652 berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi berada pada interval koefisien dengan kategori kuat. Adapun uji regresi linier sederhana bahwa angka koefisien regresi sebesar 0,584 bernilai positif (+) yang berarti penelitian ini memiliki pengaruh positif dengan nilai konsistensi variabel partisipan sebesar 19,489. Sedangkan hasil uji koefisien determinasinya menunjukkan hasil perhitungan sebesar R Square 0,425, dari hasil perhitungan tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan tata usaha terhadap kepuasan peserta didik sebesar 42,5% dan sisanya 57,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4948
Collections
  • E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam [390]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV