dc.description.abstract | Latifah Rahmi, 2024. Kualitas Layanan Administrasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag sebagai pembimbing I dan Bapak Misbahul Fuad, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini bahwa banyaknya masyarakat dan peserta didik yang percaya sekolah perlunya pelayanan yang berkualitas demi kelangsungan kepada masyarakat yang berkepentingan secara langsung ataupun tidak langsung, baik itu masyarakat internal maupun masyarakat eksternal di sekitarnya, terhadap pelayanan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda yang memberikan harapan yang tinggi kepada sekolah untuk anak-anaknya yang sekolah di sana. Sehingga mengambil judul Kualitas Layanan Administrasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda, apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan administrasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kualitas layanan administrasi pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda, selain itu juga mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan sumber data kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf tata usaha serta beberapa murid. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya model Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data memakai triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pelayanan administrasi di madrasah menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dilihat dari aspek-aspek yang dinilai meliputi: 1) Kehandalan dalam proses administrasi dan kejelasan informasi yang diberikan, 2) Responsivitas atau daya tanggap staf administrasi dalam pelaksanaan pelayanan permintaan yang dibutuhkan tenaga pendidik maupun untuk siswa yang mengalami kesulitan langsung ditanggapi dengan segera, 3) Jaminan layanan administrasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda telah memberikan pelayanan sesuai dengan janji, 4) Empati administrasi sekolah dalam memberikan perhatian yang tulus kepada peserta didik dengan berupaya memahami peserta didik, 5) Bukti fisik hal ini terlihat dari penampilan tenaga administrasi yang berpenampilan rapi sesuai dengan aturan yang diterapkan sekolah.
Adapun faktor pendukung meliputi keterlibatan kepala sekolah, sarana prasarana yang memadai serta faktor pegawai rata-rata memiliki kedisiplinan serta cara kerja yang baik dan ramah terhadap peserta didik dan pelanggannya. Dan faktor penghambat meliputi karena Madrasah Ibtidaiyah ini memiliki dua kampus yang dimana kampus dua tidak lengkapnya untuk seperti kepala sekolah, dan sarana prasarana yang tidak lengkap. | en_US |