PENGARUH E-WOM, STORE ATMOSPHERE, HALAL LABEL, DAN PRICE TERHADAP MINAT BELI DALAM MEMILIH PRODUK COFFEE SHOP DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Muhammad Jaelani, 2024. Pengaruh E-WOM, Store Atmosphere, Halal Label, dan Price Terhadap Minat Beli dalam Memilih Produk Coffee Shop di Kota Samarinda. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Irma Yuliani, S.E., M.Si dan Nur Rahmatullah, M.S.A.
Coffee shop adalah tempat yang menyediakan berbagai jenis minuman kopi yang menjadi fokus menu utama yang memiliki mesin espresso sebagai pengolahan biji kopinya, adapun makanan sampingan yang disediakan umumnya termasuk kategori pastry (kue-kue) atau ready to go, tetapi minuman kopi lah yang tetap menjadi signature menu utamanya. Banyak usaha coffee shop yang berdiri di setiap wilayah Kota Samarinda setiap tahunnya dikarenakan peminat kopi yang begitu banyak. Berkembangnya teknologi masyarakat ikut andil dalam ekspresi minatnya mengenai suatu produk khususnya pada coffee shop melalui media internet.
Kemudian pada masa sekarang di mana seseorang sangat berminat mengunjungi suatu coffee shop yang memiliki tempat yang unik dan viral, selain itu banyaknya mayoritas muslim tidak lepas dari halalnya suatu produk untuk layak dikonsumsi serta bagaimana harga berbicara terhadap perspektif minat seseorang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-WOM, Store Atmosphere, Halal Label, dan Price terhadap minat beli dalam memilih produk coffee shop di Kota Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode jenis kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Adapun jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden masyarakat di Kota Samarinda dengan kategori usia 15-25 tahun yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk menghimpun data yakni kuesioner dan kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial E-WOM berpengaruh signifikan terhadap minat beli senilai 0,01 < 0,05. Store Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap minat beli senilai 0,00 < 0,05. Halal Label berpengaruh signifikan terhadap minat beli senilai 0,00 < 0,05. Price tidak berpengaruh signifikan senilai 0,21 > 0,05. Secara simultan, E-WOM, Store Atmosphere, Halal Label, dan Price secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli. Presentase pengaruh yang diberikan variabel independen terhadap variabel dependen yakni sebesar 55,2%, sedangkan sisanya 44,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.