Show simple item record

dc.contributor.authorSA’DIAH, SITI HALIMATUL
dc.date.accessioned2025-07-08T00:53:54Z
dc.date.available2025-07-08T00:53:54Z
dc.date.issued2024-02
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4966
dc.description.abstractSiti Halimatul Sa’diah, 2023. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Metode Pembelajaran Daring dan Luring Pada Siswa Kelas IV di MI Ma’arif NU 001 Samarinda Pada Masa Covid-19”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran di MI Ma’arif NU 001 Samarinda yang menerapkan sistem pembelajaran daring dan luring selama terjadinya pandemi Covid-19. Karena hal tersebut, hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring dan luring dapat dibandingkan guna mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah dapat diukur, dengan harapan dari proses tersebut dapat memaksimalkan peserta didik mampu untuk menerima pembelajaran baik secara daring maupun luring. Demikian pendidik diharuskan mampu memanfaatkan metode ataupun media pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika metode pembelajaran daring dan luring pada siswa kelas IV di Ma’arif NU 001 Samarinda pada masa Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto, dengan terdapat dua bentuk pembelajaran yaitu, pembelajaran daring dan pembelajaran luring. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV MI Ma’arif NU 001 Samarinda dengan jumlah siswa yaitu 107 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan siswa kelas IV B sebagai kelompok daring dan siswa kelas IV C sebagai kelompok luring. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dari uji hipotesis dengan hasil post-test uji independent t-test pada kelompok daring dan kelompok luring, maka diperoleh analisis uji thitung sebesar 2,9883. Adapun analisis hipotesis dengan uji ttabel dengan taraf signifikan diperoleh nilai sig 0,004 < 0,05. Dengan arti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan secara signifikan dari hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran daring dan luring di kelas IV MI Ma’arif NU 001 Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectHasil Belajar, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Matematika, Covid-19en_US
dc.titlePERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA METODE PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 001 SAMARINDA PADA MASA COVID-19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record