PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH MENGGUNAKAN VIDEO BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK (STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULLAMUL HIDAYAH SAMARINDA)
Abstract
Cici Ariyani, 2023. “Pelaksanaan Belajar dari Rumah Menggunakan Video Based Learning pada Mata Pelajaran Tematik (Studi Kasus di MI Sullamul Hidayah Samarinda)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Saipul Hadi, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran di MI Sullamul Hidayah Samarinda yang menggunakan media pembelajaran video based learning untuk menunjang pembelajaran selama belajar dari rumah. Maka salah satu upaya yang dilakukan guru yaitu merancang media yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa untuk membantu meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa lebih aktif, serta belajar lebih menyenangkan tidak terkesan membosankan selama belajar dari rumah. Pendidik dituntut untuk berpikir kreatif merumuskan ide pembelajaran yang dapat diterapkan selama belajar dari rumah agar menyampaikan materi pembelajaran tersampaikan dengan efektif dan efisien serta menumbuhkan minat belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, apa saja faktor pendukung dan penghambat, dampak positif belajar dari rumah menggunakan video based learning pada mata pelajaran Tematik di MI Sullamul Hidayah Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus dalam penelitian ini menunjukkan fenomena tertentu dari waktu ke waktu untuk mengumpulkan data informasi secara detail. Teknik dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber data yakni data primer meliputi kepala sekolah, guru kelas, siswa, dan orang tua; data sekunder meliputi dokumen resmi dan arsip. Keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan jenis data. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan data (verifikasi).
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian belajar dari rumah dengan menggunakan video based learning pada mata pelajaran Tematik di MI Sullamul Hidayah Samarinda, antara lain: Pertama, pelaksanaan guru membuat kelas online di WhatsApp Group dan membuat RPP sebagai bahan ajar meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pelaksanaan guru membuat video pembelajaran, merekam dan mengedit dengan menggunakan aplikasi Kinemaster kemudian diupload di WhatsApp Group kelas. Evaluasi guru memberikan pembelajaran kepada siswa berupa penugasan tertulis setelah dilaksanakan pembelajaran dengan media video based learning. Faktor pendukung mempermudahkan siswa belajar di rumah, materi pembelajaran bisa ditonton dan dipelajari secara berulang-ulang. Faktor penghambat keterbatasan paket internet dan banyak siswa yang belum mempunyai teknologi yang mendukung seperti HP, komputer, laptop, dan smart TV. Dampak positif video pembelajaran, guru menjadi lebih kreatif dan inovatif belajar dengan media berbasis teknologi dan terciptanya pembelajaran menyenangkan bagi siswa belajar dari rumah.