Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, KARTIKA INDAH
dc.date.accessioned2025-07-08T02:58:23Z
dc.date.available2025-07-08T02:58:23Z
dc.date.issued2024-06
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4972
dc.description.abstractKartika Indah Sari, 2024. “Upaya Guru Dalam Membina Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda Seberang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianti, M.Pd.I selaku dosen pembimbing I dan Ibu Zakiyah Ulfa, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya sikap disiplin. Maka salah satu upaya yang dilakukan guru adalah memberikan teladan dan contoh disiplin kepada siswa, bertutur kata dan bahasa yang baik dan sopan, cara berpakaian guru sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku, dan membuat kesepakatan kelas. Guru dituntut untuk memiliki sikap dan perilaku yang teladan untuk menumbuhkan karakter disiplin pada siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam membina kedisiplinan siswa, apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam membina kedisiplinan siswa di SD Negeri 008 Samarinda Seberang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dalam penelitian ini menunjukkan fenomena tertentu dari waktu ke waktu untuk mengumpulkan data secara detail. Teknik dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua data yakni data primer meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Data sekunder meliputi dokumen resmi dan arsip. Keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan jenis data. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan data (verifikasi). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian upaya guru membina kedisiplinan siswa di SD Negeri 008 Samarinda Seberang, antara lain: pertama, guru menjadikan diri sebagai model agar menjadi contoh dan panutan siswa, bertutur kata yang baik dan sopan, cara berpakaian guru sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, serta membuat kesepakatan kelas. Faktor pendukung terdiri dari peraturan, kebiasaan, hukuman atau sanksi, memberi penghargaan, dan konsistensi. Faktor penghambat meliputi dua faktor yaitu internal meliputi kesadaran dari dalam diri siswa terkait pola pikir, sikap, dan perilaku. Faktor eksternal meliputi pengaruh pertemanan, kemajuan teknologi, dan lingkungan keluarga serta lingkungan tempat tinggal.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectUpaya Guru, Kedisiplinan Siswa, Pembinaan Disiplin.en_US
dc.titleUPAYA GURU DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 008 SAMARINDA SEBERANGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record