View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV DI MI AL MUNA SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_CYNDI EKA RAHMADANI_FTIK.pdf (311.6Kb)
Date
2024-08
Author
RAHMADANI, CYNDI EKA
Metadata
Show full item record
Abstract
Cyndi Eka Rahmadani, 2011306037. “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV di MI Al Muna Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian yang bertujuan untuk menguji pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Course Review Horay pada hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan yaitu masih terdapatnya peserta didik yang memiliki hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam yang belum tuntas atau tidak memenuhi kriteria ketuntasan (KKM). Salah satu penyebab ialah proses pembelajaran terpusat kepada guru dan sering menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga perlu adanya pembelajaran yang inovatif salah satunya penggunaan model pembelajaran Course Review Horay yang dirasa perlu diterapkan dalam proses pembelajaran agar dapat memperbaiki proses pembelajaran dan membuat materi lebih mudah dipahami. Model pembelajaran Course Review Horay ini berguna untuk menambah pengetahuan dan tanpa disadari dengan adanya hasil belajar dapat membuat siswa semangat dan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV di MI Al Muna Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan jenis pretest-posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol dan 30 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pretest-posttest pada pilihan ganda, dokumentasi, dan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji independent sample t-test menggunakan bantuan program SPSS. Perhitungan uji independent sample t-test mendapatkan bahwa pada nilai sig. (2-tailed) ialah 0,001 < 0,05. Nilai thitung > ttabel sebesar 1.968 > 1.673. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Course Review Horay mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hal ini terlihat dari total skor pretest sebesar 1.714 dan mean/rata-rata sebesar 57,13. Sedangkan pada posttest, total skor menjadi 1.838 dan mean/rata-rata sebesar 61,26. Total skor mengalami kenaikan sebanyak 124 poin dan mean/rata-rata mengalami kenaikan sebesar 4,13.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4975
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [265]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV